Apa saja yang akan dipelajari oleh Anak ketika Belajar Memprogram

164boys.com -- Memprogram artinya membuat program,yaitu mulai dari merancang dan selanjutnya mengimplementasikannya dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Belajar memprogram adalah belajar membuat instruksi yang logis dan terperinci, jadi ini melatih logika anak. Ketika belajar membuat program, kita akan membuat kesalahan, di sini kita akan belajar debugging.





Ketika belajar memprogram, seseorang tidak belajar mengenai “benar”, dan “salah”, tapi “apakah ini bisa diperbaiki?”, dan “bagaimana cara memperbaikinya?”.

Ilmu pemrograman sangat dekat dengan ilmu matematika, tapi dari sisi praktis. Bahasa pemrograman Logo yang dirancang oleh Seymour Papert merupakan salah satu contoh pendekatan pengajaran matematika melalui program.

Ilmu yang dipelajari dalam pemrograman bisa diaplikasikan dalam hidup sehari-hari . Dalam buku Mindstorm karya Seymour Papert, contoh yang diberikan adalah juggling.

Keahlian yang sepertinya sulit ini ternyata bisa dipelajari langkah-langkahnya secara detail, dan jika kita membuat kesalahan, bisa didebug. Tentunya ini tidak cuma berlaku untuk juggling, segala macam aktivitas dan proses bisa dipecah menjadi langkah-langkah sederhana, dan bisa didebug.




Mengenai ketakutan bahwa anak-anak akan lebih dekat pada mesin: menurut saya ketakutan ini tidak terlalu beralasan.

. Copyright 2016-2021 Rumah Jagoan Coding | Design by BaliLondon Sora Templates |