Beberapa Tips Mengarahkan agar Anak di rumah tidak Kecanduan Gadget

Berusaha Mencegah Anak Kecanduan Gadget dengan Bersikap Bijaksana
Lalu, menghadapi hal demikian, apa yang bisa Nona bagi untuk kamu sekalian agar anak di rumah tidak menjadi kecanduan gadget?

Jawabannya adalah dengan bijak menyikapi kehadiran gadget di tengah keluarga. Sebagai orang tua, kamu perlu memberikan batasan-batasan tertentu kepada anak.

Agar yang dinikmati anak sebagai fasilitas tidak membuatnya lupa mengenai tanggung jawabnya terhadap lingkungan sekitar beserta seluruh interaksi di dalamnya. 






Oleh karenanya sebagai orang tua, kamu perlu melakukan hal-hal berikut agar anak tidak menjadi generasi yang mengalami ketergantungan berlebih terhadap gadget:


Tentukan batasan yang tepat bagi anak untuk diberi keleluasaan menggunakan gadget

Jangan hanya karena orang tua memiliki banyak uang dan kebanyakan orang tua telah memberikan gadget kepada anak-anaknya, kamu turut pula memfasilitasi anak dengan gadget. Disini orang tua dituntut untuk tahu betul diusia manakah anak pantas untuk diberi kebebasan mengeksplorasi gadget secara penuh. Menyesuaikan kebutuhan anak dengan gadget yang akan diberikan juga merupakan hal yang bijak untuk dilakukan.


Luangkan waktu berkualitas dengan keluarga

Ditengah kesibukan orang tua dalam bekerja, meluangkan waktu adalah hal yang sangat mahal untuk dilakukan. Oleh karena itu, sebagai orang tua luangkan waktu sebaik mungkin dengan anak. Ajak anak bertukar pikiran mengenai ketertarikan anak dalam kehidupan sehari-hari.

Orang tua pun perlu memberikan tanggapan positif terhadap hal kesukaan anak-anak, meskipun hal tersebut mengandung hal negative sekalipun. 





Bangun suasana akrab namun dengan tersebut orang tua dan anak bisa memiliki kesempatan mengenai apa yang diinginkan oleh masing-masing, sehingga posisi orang tua tidak digantikan oleh gadget yang anak miliki.

Selain melalui pendekatan personal antara orang tua dan anak. Libatkan juga anak pada kegiatan yang bisa memupuk kebersamaan seperti piknik dan olahraga bersama atau menentukan hari berkumpul bersama tanpa gadget, sehingga anak dan orang tua akan sama-sama memiliki peran penuh dalam menciptakan interaksi bersama orang-orang terdekat

Ajak anak untuk peka terhadap lingkungan sekitar

Tidak ada salahnya jika orang tua mengajak anak untuk bertukar pendapat mengenai banyak hal di lingkungan sekitar.

Kemas dengan cara yang menarik sehingga menimbulkan suatu empati kepada anak kepada lingkungan sekitar.

Tanamkan pola pikir kepada anak bahwa interaksi yang baik bukanlah melalui gadget, melainkan melalui intensitas tatap muka yang di dalamnya mengandung hal-hal yang bersifat positif




Nah, dengan menerapkan hal-hal di atas, jangan khawatir jika anak akan menjadi kecanduan dengan Gadget. Peran orang tua nyatanya mampu memberikan porsi besar untuk membentuk kepribadian anak kedepannya bukan?

Kesimpulannya adalah jika orang tua bisa secara bijaksana menyikapi gadget itu sendiri, maka anak akan tetap leluasa berinteraksi dengan teknologi secara sehat.


. Copyright 2016-2021 Rumah Jagoan Coding | Design by BaliLondon Sora Templates |