Fun Learning with Scratch oleh Jagoan Coding 164Boys.com

Pembelajaran konvensional dipandang sebagai sesuatu yang kurang menarik lagi, peserta didik akan merasa senang dan termotivasi dengan pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi sebagai alat bantunya.

Pembelajaran inovatif, kreatif dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan menggunakan teknologi informasi merupakan sesuatu hal yang harus dipelajari oleh pendidik pada era sekarang ini, 

Scratch merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan para pendidik dalam mewujudkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, serta Menyenangkan.
Tools Scratch jg merupakan sebuah software (perangkat lunak) aplikasi untuk membuat media pembelajaran berbasis games dan animasi sederhana. 

Aplikasi ini sangat membantu dalam mengenalkan bahasa pemrograman secara mudah, tanpa harus berkutat dengan bahasa pemrograman yang rumit, divisualisasikan dengan bentuk blok blok program yang mudah seperti memasang puzzle.


Sebagai aplikasi gratisan alias open source Scratch mempunyai banyak kelebihan dalam pengembangannya. pengaturan gambar, animasi, suara bahkan video diatur sedemikian mudah sehingga memungkinkan anak anak setingkat SD pun mampu membuat games atau animasi dengan aplikasi ini.

Melalui sebuah kegiatan Fun Learning with Scratch, sekelompok mahasiswa dan dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengajarkan pembuatan karya animasi kepada siswa-siswi SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Sedangkan perangkat lunak yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat tersebut, yaitu Scratch.

Dalam kegiatan Fun Learning tersebut, para siswa diajarkan berkreasi membuat berbagai animasi gerak dengan Scratch.

Adapun alasan pemilihan perangkat lunak ini, menurut dia, sangat aplikatif bagi anak-anak pada jenjang SD. Selain itu, Scratch juga mengajarkan logic thinking dan menghitung.

Dengan Scratch,para siswa dapat mengoperasikan perangkat lunak secara mudah lantaran bahasa pemogramannya sudah diatur sedemikian rupa sehingga mudah dipelajari. Selain itu, beberapa perintah untuk menggerakkan objek animasi menggunakan bahasa Indonesia.

Fungsi pengajaran logika anak yang diterapkan melalui masukkan perintah maju lima langkah, berputar, memantul, dan lain sebagainya. Sedangkan, fungsi pelajaran menghitung diperoleh dari perhitungan berapa detik objek akan bergerak, misal berhenti dalam lima detik,


. Copyright 2016-2021 Rumah Jagoan Coding | Design by BaliLondon Sora Templates |