Khawatir Anak-anak akan Kecanduan Gadget, Orang tua ini Mendirikan Rumah JAGOAN CODING

164boys.com -- Saya yakin ada banyak orang tuan yang sangat khawatir melihat putra-putinya yang sangat terobsesi dengan gadget termasuk bermain game tanpa mengenal waktu. Kekhawatiran tersebut juga disebabkan karena anak-anak ini tanpa memahami pemikiran dasar mengenai bagaimana cara kerja gadget.
Karena pengalaman saya pribadi pun juga merasakan hal yang sama.



FAKTA Anak Kecanduan Gadget di Inggris / UK 
£16.000 (enam belas ribu poundsterling) atau sekitar 300 juta rupiah lebih merupakan biaya ”digital detox”selama 28 hari yang harus dibayar orangtua di Inggris saat anak-anaknya mengalami ”kecanduan” gadget. Digital detox merupakan program rehabiltasi ”kecanduan” gadget yang didesain oleh Dr. Richard Graham dari Capio Nightingale Hospital, London.




Berawal dari adanya kekhawatrian dan juga berita dari berbagai sumber tentang bahaya kecanduan gadget bagi anak-anak, maka muncul ide untuk mengarahkan potensi anak-anak ke arah yang lebih positif.

Alhamdulillah, kebetulan hal ini didukung oleh kebijakan perubahan kurikulum oleh pemerintah UK untuk pelajaran ICT (information and communications technologies) mulai bulan September 2014. Di dalam kurikulum ICT yang baru, murid-murid di UK sudah mulai dikenalkan dan diajar konsep pemrograman sesuai dengan tingkatan level, yang disebut key-stage (KS).


Memang banyak pendapat ahli (psikolog anak) yang menganjurkan untuk secara bertahap membatasi pemakaian gadget. Namun menurut saya, hal ini juga kurang efektif tanpa di-imbangi pemberian pemahaman kenapa tidak boleh banyak bermain gadget. Saya sebenarnya juga hanya memberikan kesempatan bermain gadget hanya di akhir pekan atau di hari libur.

Selebihnya boleh menggunakan gadget ketika ada hubungannya dengan pelajaran,misalkan untuk mencari materi pelajaran.

Orang tua ini mendirikan Ruang Coding di rumahnya

Ia kemudian mulai mencari sekolah dengan pengajaran komputer yang cocok untuk anak-anaknya.

Namun, selain program internasional seperti Code.org, ia tidak bisa menemukan program yang khusus dirancang untuk kebutuhan anak-anak di tanah air. Saat itulah ia teringat pada materi/kurikulum ICT di UK, yang sudah berani mengajarkan pemrograman komputer pada anak-anak mulai kelas 3 atau 4 sekolah dasar di sana.

Materi pemrograman yang diajarkan menggunakan konsep yang menyenangkan, yaitu dengan membuat game sendiri. 




Belajar dari Scratch

Ketika orang tua satu ini mempelajari tool yang digunakan di Code.org dan mulai tertarik pada tool Scratch, sebuah tool gratis yang dirancang sebagai pengenalan bagi anak-anak belajar pemrograman.

Setelah membuat satu kurikulum pengajaran Scratch untuk anak-anak di Indonesia, maka ia bersama istrinya (yang lulusan PhD dari salah satu Universiatas ternama di UK) memutuskan untuk mengumpulkan anak-anak dari teman dan keluarga untuk mencoba sesi pengajaran Scratch.
Baca juga : Kenapa Nama Tutorial Scratch Indonesia ini 164boys.COM




Selain kelas reguler selama 1-2 bulan, tempat pengajaran Ruang coding 164boys ini juga menyediakan sebuah kelas khusus ketika sekolah-sekolah umum sedang libur atau di akhir pekan. Jadi para orang tua yang masih memiliki kegiatan rutin di akhir pekan, bisa "menitipkan" anak-anak mereka sekaligus belajar pemrograman dan membuat game di Rumah Jagoan Coding 164boys ini.
“Salah satu orang tua mengaku cukup khawatir karena anak mereka tidak banyak berkomunikasi dengan mereka, dan terus-terusan berada di dalam kamar mereka”. “Dia tidak ingin keluar kamar, bahkan ikut dalam aktivitas keluarga. Sekolah coding adalah satu-satunya yang ia minati, dan sekarang setidaknya ia datang ke sekolah, belajar hal baru dan bertemu dengan orang-orang.”
Rumah Jagoan Coding ini berawal dari rumahnya di UK (beberapa tahun yg lalu), dan diterapkan untuk anak-anaknya, kemudian setelah kembali pulang ke Indonesia maka ia mulai merintis persiapan dan pendirian Rumah Jagoan Coding di kota Yogyakarta dan Purwokerto, dan rencananya dalam waktu dekat akan membuka cabang di kota Muntilan (Magelang).

Untuk pelaksanaan ruang coding di kota Purwokerto, ia berkerja sama dengan mahasiswa dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Sedangkan yang di kota Yogyakarta, ia akan bekerja sama dengan Universitas Amikom Yogyakarta (yang beralih dari STMIK Amikom menjadi Universitas).

Semoga bermanfaat

Salam 164boys.com


. Copyright 2016-2021 Rumah Jagoan Coding | Design by BaliLondon Sora Templates |