Ada Rasa Haru Ketika Mereka Bilang 'Aku Bisa Bikin Game sendiri'

Jagoan Coding -- Matahari pagi mulai bersinar cerah saat beberapa anak dan orang tua mulai memasuki Rumah Belajar Jagoan Coding 164Boys Purwokerto. Hari itu, kami memulai pembelajaran coding yang pertama kali untuk anak dan remaja.

Boleh dikatakan tidaklah mudah bagi kami untuk membuka pemahaman dan memberikan materi yang baru di kota yg tidak terlalu besar seperti Purwokerto. Beberapa tantangan yang kami hadapi, disamping halyang baru untuk anak-anak, ada yang lainnya juga, seperti misalnya istilah coding.


Belum banyak yang memahami apa itu coding. Kalaupun ada yang tahu arti coding, namun pengertian mereka coding itu identik dengan teks/tulisan saja dan sesuatu yg membosankan. Di samping itu, beratnya beban pendidikan di sekolah bagi anak-anak, merupakan kendala yg lain bagi kami.

Beberapa orang tua, menyatakan anak-anak mereka sudah capek dengan banyaknya materi di sekolah, dan sudah memiliki persepsi awal bahwa materi Jagoan Coding pasti sangat berat apalagi untuk anak-anak.

Kenangan saya jadi kembali saat masih tinggal di UK, anak-anak selalu semangat dan riang saat bersekolah, karena semuanya sangat ringan, tidak ada beban kurikulum yang berat. Sepulang sekolah, mereka masih bermain-main bareng teman-temannya hingga matahari terbenam (khususnya saat musim spring dan summer).


Namun, kekhawatiran para orang tua dan beberapa kendala tersebut (sebelumnya), sedikit demi sedikit terhapus saat anak-anak mulai BERMAIN-MAIN dengan Scratch. Bisa terlihat dari mata dan ekspresi wajah anak-anak itu, bahwa mereka sangat menikmati pembelajaran coding.

Beberapa orang tua bahkan ikutan masuk di ruang belajar, untuk menyaksikan anak-anak mereka yg begitu sangat bersemangat. Para orang tua tersebut, tadinya agak ragu. Namun sekarang mereka sudah sangat yakin. Mereka pun berpikir, ketika di rumah, anak-anak juga hanya bermain game, sekarang kenapa tidak diajarkan membuat Game sendiri saja.


Dari segi ilmu psikologi, akan lebih baik melatih anak membuat game sendiri, banyak yg bisa dipelajari dari sana. Mulai dari memikirkan game apa yg akan dibuat, merancang desainnya, kemudian membuat animasi dan perintah atau code-nya.


Pembelajaran hari itu diakhiri dengan satu proyek untuk anak-anak, yaitu merancang dan membuat game sendiri, yang selanjutnya akan dituliskan pada sertifikat mereka.

Bagi saya, ada rasa haru ketika anak-anak bilang 'Sekarang aku bisa bikin Game sendiri'.

Salam Jagoan Coding 164Boys.



. Copyright 2016-2021 Rumah Jagoan Coding | Design by BaliLondon Sora Templates |