Kapan Sebaiknya Anak-anak Belajar Pemrograman Komputer

164Boys - Kapan Sebaiknya Anak-anak Belajar Program Komputer ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari  kita lihat perkembangan pembelajaran pemrograman komputer alias coding di beberapa negara di dunia. 

Di Hong Kong, anak-anak itu, ada yang mulai pada usia enam tahun, bertemu setiap minggu di pusat belajar privat untuk coding.

Mereka mengambil kursus program kode komputer yang tidak selalu tersedia di sekolah negeri di Hong Kong. Orang tua mereka rela membayar lebih untuk ilmu yang mereka harap akan bermanfaat di industri digital yang berkembang pesat. Dalam waktu satu setengah jam setiap pertemuan, mereka diajarkan cara membuat karakter-karakter untuk game sederhana, menggunakan perangkat lunak khusus.

“Ini adalah salah satu bentuk coding,” kata Michelle Sun pendiri sekolah pemrograman di Hong Kong.

“Dengan cara ini, mereka tidak harus banyak mengetik. Ini lebih mengikuti intuisi mereka agar bisa mempelajari konsep dan membangun dasar pemikiran logik.”


Menurut estimasi Juniper Research, pasar global untuk aplikasi selular akan meningkat lebih dari dua kali lipat dari $47,7 milyar pada 2014 menjadi $99 milyar pada tahun 2019. Asia diperkirakan akan mengambil lebih dari setengah pasar global itu.

Untuk menjembatani kesenjangan digital itu, pemerintah lokal di Hong Kong bertujuan membuat pemograman komputer sebagai mata pelajaran yang diharuskan bagi murid-murid 11 tahun ke atas.

“Apa yang ingin kami lakukan adalah memadukan koding sebagai pendidikan wajib untuk anak-anak sekolah menengah agar mereka siap menghadapi dunia digital masa depan,” kata Joey Lama, wakil pejabat informasi pemerintah.

Dia menolak memberikan tanggal mulainya program itu, namun mengatakan akan terjadi dalam beberapa tahun ini.

Negara-negara lain di wilayah Asia Pasifik, termasuk Australia dan Singapura, juga merencanakan kapan dan bagaimana memasukkan pelajaran pemograman komputer dalam kurikulum pendidikan.

September 2014 lalu, sebuah kurikulum nasional baru dikeluarkan di Inggris, yang mengharuskan anak-anak berusia lima tahun ke atas diajarkan dasar-dasar pemograman.


Estonia telah memulai tren ini beberapa tahun lalu dengan memperkenalkan pemrograman kepada murid-murid sekolah dasar.

Di Hong Kong, sekolah-sekolah swasta dan lembaga belajar mencoba mengisi kesenjangan itu.

Bagi anak-anak yang berkumpul setiap hari Jumat, mungkin mereka baru mempelajari permainan seluler dan logika untuk sementara, namun mereka pasti berada selangkah lebih maju dibandingkan lainnya di masa depan.

Di kota Yogyakarta, Samarinda, Purwokerto, dan Tenggarong ada Rumah Jagoan Coding 164Boys yang memberikan dasar-dasar pemikiran logik dan pemrograman komputer sejak dini, melalui program Bisa Bikin Game Sendiri atau dengan hashtag #bisabikingamesendiri.

Salam JagoanCoding 164Boys !


. Copyright 2016-2021 Rumah Jagoan Coding | Design by BaliLondon Sora Templates |